Language Competition 2015

IT’S TIME TO WAKE UP STAND UP MOVE UP! Ini dia nih ‘jargon’ LANGUAGE COMPETITION tahun ini. yang dilaksanakan tanggal 15-17 Desember 2015 kemarin. Dengan berbagai lomba yang pastinya bersangkut paut dengan ‘kemampuan bahasa’ siswa-siswi MA Nurul Islam Tengaran kelas 10-11  seperti ; Poem, Ranking 1, Translate, Spelling Bee, Khitobah, Speech, Insya’, Writing, Reading News, dan Qiroatul Kutub. Eh tapi ada juga nih satu lomba yang beda dari yang lain ; Graffity. Di Language Competition kali ini ada juga nih Talkshow bareng Ust. Tri Bimo Soewarno., Lc. Penasaran ga sih gimana acaranya? Yuk liat!

DAY 1.
Hari pertama nih dibuka dengan acara opening ceremony pastinya. Dengan amanat dari Ust. Muh Sa’dullah Mahmud selaku Kepala Madrasah, dan Ust. Luthfi Chakim selaku pembina OPNI. Ada yang unik banget nih dari opening ceremony Language Competition ini. Apa? Kita kemaren kan udah pake balon di Muharram Awesome, sekarang kita pake ‘sepasang burung dara’ sebagai ‘lambang’ dibukanya acara Language Competition 2015 ini! Penasaran? Bisa di check di gallery manista kita kok :)
Selesai opening ceremony, break setengah jam lalu dimulai nih lomba Grafitty, Insya’, Writing, Translate, Poem, dan Qiroatul kutub. Untuk Insya’, Writing, dan Translate di jadiin satu di ruangan, temanya ‘education/pendidikan’. Qiroatul Kutub di ruang sebelahnya dengan juri ust. As’ad Mahmud, kitab yang dibaca adalah hadis arba’in+nashoihul ‘ibad, sesuai dengan materi kajian kitab yang setiap minggu kita pelajari sebelumnya. Buat yang Poem nih maksutnya ‘baca’ puisi. Ada yang inggris dan ada yang arab pastinya. Untuk yang grafitty, kita ceritanya melkis dinding batas madrasah gitu. Fotonya juga ada di gallery kita kok :D

DAY-2
Hari kedua kita mulai make’ panggung nih. Dengan lomba; Khitobah, Speech, Reading News, Ranking 1, dan Spelling Bee. Untuk Khitobah&Speech di lakukan seperti biasa. Buat yang Reading News ada 2 babak nih, babat pertama membacakan news yang sudah diberikan beberapa hari sebelumnya, dan babak kedua babak tantangan, jadi news nya diberi dan dibaca saat itu juga. Buat Ranking 1 gak dipanggung pastinya. Pernah nonton acara ranking 1 kan? Nah kira” sama kayak gitu lah, cuman soalnya seputar ‘bahasa’. Dilanjutkan Spelling Bee, ini juga ada 2 babak, babak pertama soal wajib, babak kedua estafet kata.

DAY-3
Hari terakhir nih. Pastinya clossing dong. Eits, tapi sebelum closing ada Talkshow dari Ust. Tri Bimo Soewarno Lc. Dengaan isi talkshow yang juga berhubungan dengan bahasa; bagaimana seharusnya kita untuk menerapkan kemampuan berbahasa kita setiap hari, khusus nya arab, karena sekolah kita adalah ‘Madrasah’, walaupn dengan ‘Broken Arabic’ :D Seru banget ini Talkshow nya, selain ustadz nya yang sangat bersemangat, beliau juga membuat pendengarnya ikut semangat. Nah setelah selesai talkshow kita langsung lanjut ke pembagian hadiah. Eh, pengumuman pemenang maksudnya :D.